A. Tujuan
1. Membuktikan bahwa evolusi dapat terjadi akibat proses seleksi alam dan adaptasi.
2. Mengetahui dan memahami hubungan antara seleksi dan adaptasi.
B. Alat dan Bahan
1. Potongan kertas berbentuk lingkaran atau kotak ukuran 0,5 x 0,5 cm.
a. Warna Hijau : 50
b. Warna Kuning transparan (mika) : 50
c. Warna Biru : 50
d. Warna Merah : 50
2. Kotak kertas atau kantong plastik
3. Tali rafia 4 m
4. Lapangan rumpun atau halaman sekolah
5. Stopwatch atau Countdown timer
C. Cara Kerja
1. Buatlah batas ploting pada lapangan berumput dengan ukuran 1 m² dengan pembatas tali rafia.
2. Campurkan secara merata keempat kertas warna tersebut, kemudian taburkan pada petak ploting.
3. Kemudian ambillah kertas tadi dalam jangka waktu 1 menit, sebelumnya tentukan siapa pengambil, siapa pencatat waktu, penghitung dan tabulasi data.
4. Setelah kertas terambil dan telah dicatat. Taburkan kertas yang terambil tadi ke petak ploting kembali.
5. Ulangi langkah no. 3 dan 4 sampai 5 kali secara bergantian lalu masukkan data pengambilan pada tebel berikut ini yang anda salin pada buku tugas.
Urutan | Jumlah Kertas Warna | |||||||||||
Hijau | Kuning mika | Biru | Merah | |||||||||
Awal | Hasil | Sisa | Awal | Hasil | Sisa | Awal | Hasil | Sisa | Awal | Hasil | Sisa | |
1 | 50 | - | 50 | 50 | - | 50 | 50 | 5 | 45 | 50 | 6 | 44 |
2 | 50 | 7 | 43 | 50 | - | 50 | 50 | 8 | 42 | 50 | 6 | 44 |
3 | 50 | 2 | 48 | 50 | 3 | 47 | 50 | 6 | 44 | 50 | 2 | 48 |
4 | 50 | 4 | 46 | 50 | 2 | 48 | 50 | 6 | 44 | 50 | 6 | 44 |
5 | 50 | 6 | 44 | 50 | - | 50 | 50 | 12 | 38 | 50 | 3 | 47 |
Jumlah | 250 | 19 | 231 | 250 | 5 | 245 | 250 | 37 | 213 | 250 | 23 | 227 |
D. Bahan Diskusi
1. Kertas warna apakah yang paling banyak terambil ? Beri penjelasan mengapa demikian!
2. Kertas warna apakah yang paling sedikit terambil? Beri penjelasan!
3. Kertas warna apakah yang paling banyak tersisa?
4. Kertas warna apakah yang paling sedikit tersisa?
5. Bagaimana perbandingan jumlah kertas yang terambil maupun yang tersisa untuk setiap urutan makin banyak atau sedikit?
6. Dalam percobaan ini kertas menggambarkan apa? Pengambil kertas menggambarkan apa?
7. Apakah percobaan ini dapat mempermudah pemahaman anda tentang proses seleksi alam dan adaptasi?
8. Bagaimana pendapat anda jika percobaan ini dihubungkan dengan kejadian proses seleksi alam yang terjadi pada resistensi hama oleh insektisida?
E. Hasil Diskusi
1. Biru , karena warna biru terlihat paling mencolok di rerumputan.
2. Kuning mika , karena warna ini terlihat samar-samar di antara rerumputan.
3. Kuning mika, karena paling sedikit terambil.
4. Biru, karena paling banyak terambil.
5. Tentunya tidak stabil.
Perbandingan yang terambil, Hijau : Kuning : Biru : Merah
19 : 5: 37 : 23
Perbandingan yang tersisa, Hijau : Kuning : Biru : Merah
231 : 245 : 213 : 227
6. Kertas warna : makhluk hidup seperti produsen dan konsumen I
Pengambil : Predator
7. Ya, karena makhluk yag dapat beradaptasi dengan baik yaitu berada pada tempat yang sesuai dengan warna tubuh makhluk hidup itu sendiri, sedangkan makhluknya tidak dapat adaptasi dengan baik akan mudah ditangkap oleh predator dan terseleksi alam.
8. Proses resistensi hama oleh insektisida merupakan salah satu proses seleksi alam, namun percobaan ini berbeda dengan proses resistensi hama oleh insektisida, karena pada percobaan ini seleksi alam terjadi karena adanya predator atau pemangsa sedangkan resistensi hama tersebut karena bahan kimia.